Home » » Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Bermain Gitar

Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Bermain Gitar

Written By Irfan Adriansyah on Sabtu, 25 Januari 2014 | 17.59



Kesalahan dalam bermain gitar sering kali tidak disadari oleh gitaris pemulah bahkan segelintir gitaris yang sudah lama bergelut dalam dunia pergitaran. Kesalahan - kesalahan yang dilakukan pasti membuat permainan gitar menjadi tidak enak untuk didengar dan tidak menghasilkan permainan gitar yang maksimal sehingga gitaris akan cepat cape atau cepat terasa sakit terutama kuku di jari kiri. Berikut kesalahan - kesalahan dalam bermain gitar dan solusinya :

  • Posisi jari dalam membentuk kunci atau chord salah dan kurang penekanan jari pada senar. Hal ini dapat menyebabkan efek buzz atau kata lainnya senar gitar dibunyikan dan mengeluarkan suara gitar yang terdengar suara "zret - zret" seperti suara lebah. Selain itu, dapat menyebabkan senar gitar tidak mengeluarkan suara dan terdengar suaranya hanya "dep - dep". Kedua suara tersebut akibat dari posisi jari yang salah dan kurang kuat (untuk pemula bahkan mahir).
    • Solusi
      • Cobalah mengatur posisi jari yang senyaman mungkin dan tidak bersentuhan dengan senar yang lain yang seharusnya tidak ditekan dan atur juga posisi telapak tangan dan jempol, tujuannya untuk membantu jari - jari membentuk chord secara sempurna.
      • Tekan senar sekuat mungkin (pemula), hal ini bertujuan untuk memastikan penekanan pada senar benar - benar mantap dan tidak menghasilkan efek buzz pada senar gitar. Jika membunyikan senar pada kekuatan tertentu dan tidak menghasilkan efek buzz maka penekanan pada senar gitar sudah cukup
  •  Mengenjreng pada chord tertentu seenaknya. Ada beberapa chord yang tidak seharusnya dimainkan atau digenjreng dari senar 6 sampai senar 1. Biasanya para gitaris pemula mengenjreng dengan semangatnya sehingga mengenjreng semua senar. Hal ini berakibat suara yang dikeluarkan tidak enak didengar meskipun semua senar yang ditekan menghasilkan suara yang sempurna.
    • Solusi
      • Cobalah perhatikan list chord yang ada dan perhatikan mana yang seharusnya dibunyikan atau jika tidak ada list chord, maka perhatikan senar bass yang menjadi patokan chord tersebut. Dengan begitu suara yang dihasilkan chord yang digenjreng akan enak untuk didengar.
  •  Memainkan gitar dengan keras - keras terutama mengenjreng gitar. Tidak semua lagu enak dimainkan dengan semangat yang tinggi atau dengan keras - keras. Hal ini mengakibatkan orang yang mendengar permainan gitar bukannya menghayati lagu namun menjadi terganggu karena permain gitar
    • Solusi
      • Cobalah menghayati lagu tersebut dan perhatikan jenis dari lagu tersebut. Ada lagu yang melow yang bisa di mainkan dengan rhtyhm yang tidak terlalu keras suaranya ada lagu yang ceria yang dapat dimainkan dengan keras tapi dengan ritme yang enak untuk didengar
Share this article :

2 komentar:

  1. Bermain gitar memiliki kesalahan yang terkadang sering terjadi seperti posisi jari yang kuran penekanan, memainkan dengan keras, dan juga menggenjreng seenaknya. Pembahasannya menarik mengenai kesalahan yang sering terjadi ketika bermain gitar. Sukses untuk karya artikel lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak telah berkunjung :)

      Hapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan :)

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Breaking The Gravity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger