Home » » Sejarah Dan Fakta - Fakta Tentang Hari Valentine

Sejarah Dan Fakta - Fakta Tentang Hari Valentine

Written By Irfan Adriansyah on Jumat, 07 Februari 2014 | 04.10



Kata Valentine berasal dari nama seorang pendeta yang tinggal di Rhoma pada abad ke III. Ketika itu, ia tinggal di kerajaan yang dipimpin oleh seorang Kaisar Claudius yang dikenal dengan kekejamannya. Valentine sangat membenci Kaisar tersebut.

Claudius memiliki ambisi untuk memiliki pasukan militer yang besar, ia menginginkan seluruh pria di kerajaannya untuk bergabung ke dalam militer tersebut. Akan tetapi, sayangnya niat yang dimiliki Claudius kurang didukung karena ketika itu kaum pria enggan terlibat dalam peperangan.


Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak mau jauh dari keluarga dan kekasih hati mereka. Mengetahui hal itu, Claudius marah besar, dia segera memberi perintah pada pejabatnya untuk menjalankan sebuah ide gila.

Yang terpikirkan oleh Claudius saat itu ialah bahwa apabila pria tidak menikah, maka mereka dengan senang hati akan ikut serta dalam militer yang dia lakukan. Kemudian saat itu juga Claudius mengeluarkan peraturan yakni dilarang adanya pernikahan. Dia berharap pasangan muda saat itu menilai ini keputusan yang sangat tidak masuk akal.

Akan tetapi, usaha keji Claudius kembali digagalkan oleh St. Valentine. Saat itu, Valentine tidak setuju untuk melakukan aksi gila yang dilakukan sang Kaisar. Tanpa adanya rasa takut, Valentine tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang pendeta yakni dengan menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta walaupun ritualnya dilakukan dengan rahasia.

Namun, sang kaisar mengetahui adanya pemberontakan dan ia pun langsung memberi peringatan keras pada Valentine. Tapi, usaha Kaisar tak membuahkan hasil lagi. St. Valentine tidak sama sekali memperdulikan peringatan tersebut dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapal kecil yang hanya diterangi cahaya lilin.

Hingga suatu malam, Valentine tertangkap oleh sang Kaisar saat dia sedang memberkati salh satu pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Claudius sangat murka pada Valentine dan menjebloskannya ke dalam penjara dengan vonis hukuman mati dengan cara dipenggal kepalanya.

Bukannya mendapat hinaan dari orang-orang, sebaliknya Valentine justru dikunjungi oleh banyak orang yang mendukung aksinya dengan cara melemparkan bunga serta pesan berisi dukungan di jendela penjara. Salah satu dari orang-orang yang percaya akan cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara.

Sering kali mereka berbicara lama dan gadis tersebut mengembalikan semangat sang pendeta. Hingga pada hari saat ia dipenggal, tepatnya pada tanggal 14 Februari, St. Valentine menuliskan sebuah surat pesan untuk putri sipir penjara, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu.

Segalanya berubah berkat surat tersebut. Hingga saat ini, setiap tanggal 14 Februari, orang dari berbagai belahan dunia melakukan perayaan pada hari Valentine tersebut sebagai hari kasih sayang. Dan orang-orang yang melakukan perayaan hari Valentine, mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sedangkan kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta



Fakta Mengharukan Tentang Valentine

  • Dalam dua minggu sebelum hari Valentine, penjualan emas dan perhiasan di Amerika menghasilkan 34 juta metrik ton sisa limbah dari proses pembuatan perhiasan tersebut.
  • Sebagian besar bunga mawar yang dijual pada hari Valentine di Amerika Serikat itu diimpor dari Amerika Selatan, dan menghabiskan bahan bakar fosil dalam proses pembuatannya.
  • Sebenarnya, awal dari hari Valentine itu berasal dari hari libur pagan kuno, yang bernama Lupercalia, dimana para pria ditelanjangi, lalu para pria ini mengambil cambuk, dan mencambuk wanita muda untuk meningkatkan kesuburan mereka.
  • Martir Kristen yang bernama St. Valentine dipenggal pada tanggal 14 Februari karena diam-diam melakukan prosesi pernikahan.
  • Riset mengatakan bahwa 75 persen percobaan bunuh diri dikarenakan oleh masalah hubungan percintaan.
  • 46 persen dari orang-orang Amerika akan bertukar cokelat hari Valentine
  • 67 persen dari orang-orang Amerika kelebihan berat badan dan obesitas.
  • Kartu ucapan hari Valentine pertama dikirim oleh Charles, Duke of Orleans, kepada istrinya saat Charles dipenjara di Tower of London. Pria ini menjadi tahanan perang selama 24 tahun.
  • Suatu polling baru-baru ini mengatakan bahwa 1 dari 10 orang dewasa yang masih muda merasa kesepian, tidak aman, depresi, dan merasa tidak diinginkan pada hari Valentine.
  • 40 persen memiliki perasaan negatif terhadap hari Valentine.
  • Pembantaian terkenal hari Valentine ini terjadi saat, 7 gangster Chicago ditembak mati pada 14 Februari 1929, dan menjadi salah satu peristiwa paling berdarah dalam sejarah gangster.
  • 64 persen pria Amerika bahkan tidak membuat rencana pada hari Valentine sebelumnya
  • Ya, terkadang permen hati pada hari tersebut terasa seperti sampah.
  • Bahkan jika Anda benar-benar jatuh cinta sekarang, Anda pada akhirnya pasti meninggal nantinya.



Fakta Unik Tentang Valentine

1. Apakah Anda tahu bahwa asal usul hari Valentine tidak hanya satu? Salah satu yang paling terkenal di ilhami dari nama Valentine / Valentinus seorang saint Romawi yang dihukum mati pada 14 Februari 270 sebelum Masehi. St Valentine dibunuh karena ia diam-diam menikah yang merupakan larangan dari kaisar Romawi pada saat itu. Kaisar melarang perkimpoian setelah para lelaki Romawi menolak wajib militer dan lebih senang tinggal di rumah dengan istri mereka.

2. Apakah Anda tahu Nama Valentine berasal dari kata Latin yang berarti keberanian?

3. Apakah Anda tahu bahwa orang-orang telah mengirim ayat-ayat cinta untuk orang yang mereka cintai pada hari Valentine sejak lama dimulai pada Abad Pertengahan? Sebuah kartu ucapan hari Valentine tertua dikirim pada tahun 1400-an, dan saat ini disimpan di museum London Inggris. Kartu tersebut dikirim oleh Duke of Orleans kepada istrinya di Perancis. Duke saat itu dalam keadaan dipenjara di Menara London.

4.Tahukah Anda bahwa warga Amerika ternyata menjadi pengirim kartu ucapan terbanyak dalam hari Valentine? Mereka mengirim lebih dari 180 juta kartu Valentine !

5. Tahukah Anda bahwa kartu ucapan Valentine mulai aktif terkirim di Amerika dimulai dari tahun 1700?

6. Tahukah Anda Kartu ucapan Valentine di Amerika pertama kali dibuat oleh Esther Howland? Ia hidup di Massachusetts pada tahun 1840 dan menjual seharga $ 35 per kartu.

7. Apakah Anda tahu bahwa 65 persen rumah tangga di Amerika mengirim atau bertukar kartu ucapan Valentine?

8. Apakah Anda tahu Hallmark sebuah perusahaan memproduksi lebih dari 1.300 ragam jenis kartu hari Valentine yang berbeda?

9. Tahukah Anda 14 Februari adalah hari libur kedua yang paling populer setelah Natal di Amerika?

10. Apakah Anda tahu bahwa seorang pria Amerika menghabiskan rata-rata $ 156,22 untuk membeli hadiah pada hari Valentine baik itu bunga, kartu ucapan dan hadiah lainnya? Sementara seorang wanita hanya menghabiskan $ 85,08 saja.

11. Apakah Anda tahu bahwa 38 persen orang Amerika membeli cokelat untuk orang yang mereka cintai pada Hari Kasih Sayang? Kotak coklat berbentuk hati pertama kali dijual pada 1868 oleh Richard Cadbury. Sedangkan penjualan cokelat mulai meningkat pesat sejak akhir 1600-an.

12. Tahukah Anda sebanyak 32 persen warga Amerika membeli bunga pada Hari Valentine? Tiga perempat dari mereka adalah laki-laki.

13. Apakah Anda tahu bahwa mawar merah diyakini sebagai bunga favorit dari Dewi Cinta / Venus? Warga Amerika membeli dan mengirim lebih dari 110 juta mawar untuk hari Valentine? California adalah produsen terkemuka bunga mawar, walaupun sebagian besar yang dijual di hari Valentine diimpor dari Amerika Selatan.

14. Apakah Anda tahu bahwa satu dari 10 orang Amerika membeli perhiasan sebagai hadiah hari Valentine? Pada tahun 2005, penjualan perhiasan pada bulan Februari mencapai $ 2,4 miliar !

15. Apakah Anda tahu bahwa pada hari Valentine, 1876, Alexander Graham Bell mendapatkan hak paten pada penemuan telepon? Dengan adanya telfon, pasangan yang berjauhanpun dapat mencurahkan kasih sayang.

16. Apakah Anda tahu bahwa hari Valentine pertama kali diumumkan dan diresmikan menjadi hari libur resmi oleh Raja Henry VIII dari Inggris pada tahun 1537?

17. Apakah Anda tahu bahwa di Kolombia, merayakan Hari Kasih Sayang pada bulan September? Dan di Brazil, mereka merayakan hari Valentine, tanggal 12 Juni?


 
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan :)

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Breaking The Gravity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger